Asalamualaikum
^_^
Apa kalian
sudah pernah naik kereta api sebelumnya? (kalau aku sih belum hehe). Tapi ini
pengalaman aku ketika mau reschedule tiket kereta api. Karna saat ini aku
bekerja di agent tiket pesawat, yaa termasuk juga tiket kereta api dan hotel.
Jadi ini kejadiannya baru 2 hari yang lalu. Asal mula kejadian ini karna
ketidak telitian antara aku dan costumernya. Dan juga ini perdana buat aku
pesan tiket kereta api melalui website umum. (ini berat banget rasanya)
Setelah
Tiket sudah OK dan selesai semuanya untuk pasar senen-tugu jogjakarta tanggal
24 october 2017. Dan jeng jeng jeng... Costumernya menelpon kembali. “dek itu
tiketnya untuk 24 november bukan 24 october”. Sentak aku terkejut dan Seketika
aku langsung terdiam . “maaf kak, bukannya tadi saya kirim reservasinya dan
sudah kakak OK kan?” jawab ku gugup. “iya saya nggak perhatiin, saya kira itu
24 november” jawab costumernya.
Ya ampuun
ini gimana caranya...
“apa ini
nggak bisa di reschedule dek?” tanya costumer
Ya ampuun
ini aja baru perdana pesan tiketnya, udah harus di reschedule, kalau tiket
pesawat mah gampang, tapi ini kereta apiiiiii...
“iya kak,
nantik saya coba selesaikan tiketnya” jawabku untuk menengkan costumer.
Begitu ku
tutup telpon, aku langsung mengubungi call center KAI (021-121). Akhirnya saya
mendapatkan sedikit pencerahan. Tapi ada tapi guys.. perubahan jadwal dan
pembatalan tiket harus langsung ke statiunnya!! Tidak bisa via telpon, email,
atau apapun itu. Ya ampun siapa yang bakalan nyelesaikan perubahan jadwalnya
sedangkan aku dan custumernya ada di pekanbaru. Jarak dari pekanbaru ke jakarta
itu bukannya dekaaaat.. dalam otak aku tuh rasanya udah mau meledak, gimana
cobak mau nyelesaikanya.. siapa yang bisa nolongin di jakarta sanaa..
karna dijakarta sana aku tidak mempunyai kerabat akhirnya aku meminta bantuan sama teman-teman, dan akhirnya ada juga yang bantuin.. ya ampuun
thanks banget buat teman aku Feby yang dijakarta sana udah bela-belain walaupun jarah
dari rumah dia ke stasiun itu jarahnya jauh dan butuh waktu 1 jam lebiih..
Oke ini
penjelasan reschedule yang aku dapat dari teman aku yang langsung ke TKP
(stasiun pasar senen) nya hehe...
- Siapkan terlebih dahulu fotocopy ktp penumpang untuk jaga2 siapa tau ketika distasiun ditanyakan identitas diri.. karna aku semalam dari jarak jauh kan tidak memungkinkan untuk mengirim ktp custumernya melalui JNE, jadi kirim saja ktpnya melalui email teman aku yang dijakarta, dan disana dia akan ngeprint out ktp tersebut.
- Print tiket kereta api asli di mesin CTM (cetak tiket mandiri), mesin tersebut ada distasiun yang sudah melakukan pemesanan lewat online. Jika kalian membeli tiket online melalui indomaret ataupun agent tiket maka cetak tiket di mesin tersebut dengan memasukan kode boking yang sudah sudah diberikan.
- Kemudian isi formulir perubahan jadwal.
- Nah ini kasih tau cara pengisian formulirnya
- Untuk bagian nama, alamat, dan nomor telpon tidak perlu diisi jika kalian hanya ingin reschedule tiket. Kemudian di centang di kolom ubah jadwal.
- Isi kode boking yang sudah diberikan, atau yang sudah tertera di tiketnya. BiasanyA berjumlah 6 huruf mix angka.
- Kemudian isi kolom kereta pengganti.
- Isi nama kereta pengganti, kemudian rute pengganti, kelas kereta api, dan jadwal yang baru. Selesai
- Kalian tidak perlu menghiraukan kolom2 yang lainnya. Segeralah menuju loket agar antrian tidak terlalu lamaSetelah itu antri di loket yang untuk perubahan jadwal, jangan sampai salah antri loket ya guys..
- Oke kemudian kalian akan dikenakan biaya administrasi 25% dari harga tiket diluar biaya bea pesan. Dan biaya selisih harga tiket jika pindah kelas. ini bukti perubahan jadwal tiket kereta api

Oiya aku juga mau kasih tau, kalau rescedule dan refund tiket ini hanya bisa dilakukan di stasiun2 besar yang sudah bisa melakukan pemesanan lewat online. Perubahan jadwal dapat dilakukan pada Kereta Api dengan kondisi sbb :
- Kereta Api yang sama pada hari
keberangkatan yang berbeda.
- Kereta Api yang berbeda dengan hari
keberangkatan yang sama.
- Kereta Api yang berbeda pada hari
keberangkatan yang berbeda.
- Perubahan jadwal dilayani di loket
stasiun
- Perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api yang baru (pengganti), masih tersedia.
- Perubahan jadwal dapat dilakukan apabila tempat duduk kereta api yang baru (pengganti), masih tersedia.
- Dilakukan selambat - lambatnya 60 menit
sebelum jadwal keberangkatan Kereta Api sebagaimana tercantum pada Boarding
Pass penumpang.
- Dikenakan biaya administrasi sebesar 25%
dari tarif Kereta Api diluar biaya pemesanan.
- jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya
lebih tinggi , maka penumpang membayar selisih tarif.
Jika Kereta Api jadwal yang baru tarifnya
lebih rendah, maka tidak ada pengembalian biaya atas selisih tarif.
Nah itu dia
penjelasan tentang reschedule tiket kereta api jarak jauh.. sekian dan terima kasih ^_^
Komentar
Posting Komentar